Saturday, June 22, 2019

Free Scopus


Berapa Harga Publikasi Artikel di Jurnal Terindeks Scopus?


Masih banyak akademisi Indonesia saat mendengar nama Scopus langsung kepikiran tentang harga mahal yang harus dibayar agar sebuah artikel dimuat pada jurnal tersebut. Anggapan ini sangatlah keliru, karena publikasi pada jurnal Scopus yang bagus, baik dan benar adalah tidak berbayar. Jurnal-jurnal Scopus yang berbayar berpotensi masuk dalam database jurnal abal-abal. Ingat, masih banyak jurnal dibawah indeks Scopus yang tergolong abal-abal dan di blacklist oleh dunia akademik internasional termasuk DIKTI. Makanya, beberapa negara yang sudah maju dalam risetnya, tidak lagi menggunakan indeks Scopus, tapi sudah lebih advanced diatasnya, yaitu ISI Thomson Reuters. ISI Thomson adalah seleksi jurnal-jurnal terbaik dari Scopus index. Jadi, jurnal-jurnal yang terindeks di ISI biasanya juga telah terindeks di Scopus.
Sangat banyak jurnal-jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang publikasinya tidak berbayar. Jadi, jangan sampai anda terjebak pada iming-iming cepat diterima dan publikasi, tapi dengan harus membayar mahal. Ingat jurnal bereputasi yang baik itu tidak pernah berbayar untuk dipublikasi dan proses review-nya sangat ketat, bisa makan waktu tahunan. Biasanya yang berbayar itu adalah saat kita ingin mengakses jurnal-jurnal tersebut atau harus berlangganan, kecuali yang Open Access Sekali lagi, jangan sampai tergiur dengan iming-iming publikasi artikel pada jurnal indeks Scopus berbayar. Kirimkan atikel anda pada penerbit-penerbit berkualitas dunia seperti;

Terdapat ribuan jurnal-jurnal terbaik dunia disini dari berbagai disiplin ilmu. Keuntungan yang mereka dapatkan biasanya bukan dari si pemilik artikel atau biaya publikasi, tetapi dari langganan Universitas-universitas dunia, lembaga riset, atau perpustakaan terhadap jurnal-jurnal mereka. Mereka juga mendapat keuntungan dari hasil konferensi internasional terindeks. Jadi kalau International Conference yang terindeks Scopus/ ISI itu memang benar harus bayar, tetapi untuk submit artikel dan publikasi di jurnal mereka tidaklah berbayar. Jurnal-jurnal bereputasi yang berbayar hanya segelintir saja tidak lebih dari 20%. Ah, masa akademisi Indonesia masih bermain pada level 20% yang tidak berkualitas ini.
Dalam dunia akademik di luar negeri, jika kita melakukan publikasi artikel pada jurnal berbayar, maka akan menjadi aib dan memalukan diri sendiri. So, stop publikasi pada jurnal-jurnal berbayar karena selain reputasinya rendah juga berpotensi masuk dalam database predatory journal.

1 comment:

  1. We are Offering best Global Financial Service rendered to the general public with maximum satisfaction,maximum risk free. Do not miss this opportunity. Join the most trusted financial institution and secure a legitimate financial empowerment to add meaning to your life/business.

    Contact Dr. James Eric Firm via
    Email: financialserviceoffer876@gmail.com
    Whatsapp +918929509036
    Best Regards,
    Dr. James Eric.
    Executive Investment
    Consultant./Mediator/Facilitator

    ReplyDelete

Lain-Lain

                                                                      Sertifikat Pendidik Dr. Liwaul, S.Sos, M.Si   Materi Manajemen Operasi...